Senin, 21 November 2011

60% Korban Rentenir Adalah Ibu Rumah Tangga



Hampir 60% korban rentenir merupakan ibu-ibu rumah tangga yang berusaha memenuhi kebutuhan keluarga. Padahal, suku bunga yang ditawarkan sangat mencekik mencapai 50%.

"Dari penelitian kami, hampir 60% korban rentenir adalah ibu-ibu rumah tangga," ujar Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Jabar Wawan Hernawan kepada wartawan di Kantor Dinas KUMKM Jabar, Jalan Soekarno Hatta 705 Kota Bandung.

Menurutnya, ibu rumah tangga kerap terbujuk rayu para rentenir. Pasalnya, perempuan memiliki kuasa untuk mengatur permasalahan keuangan.

"Rentenir sering menawarkan kepada ibu-ibu tanpa sepengetahuan suaminya, karena yang rentenir incar adalah agunannya," katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, perempuan juga rentan secara ekonomi. Hal tersebut terlihat dari 70% perempuan di Jabar menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) ke luar negeri.

"70% perempuan di Jawa barat jadi TKW dengan profesi sebagai pembantu rumah tangga. Kenyataan tersebut harus segara dihapus dengan melakukan pemberdayaan terhadap perempuan," pungkasnya.

Tidak ada komentar:
Write Comments