Rabu, 10 September 2008

Ternyata Bukan Apple Penemu iPod

Jika berbincang tentang pemutar musik digital, yang teringat tentu nama iPod, peranti yang sukses besar mengubah industri musik dunia.

Selama ini orang hanya tahu bahwa Apple adalah produsen pemutar musik digital itu. Tapi siapa tahu bahwa ternyata penemu digital audio player itu adalah pihak lain. Itu diakui sendiri oleh Apple.

Adalah Kane Kramer yang disebut Apple sebagai penemu peranti yang digandrungi jutaan orang di dunia.

Fakta itu terungkap dalam persidangan antara Apple dan Burst.com. Dalam proses peradilan itu, Kramer bersaksi untuk Apple.

Kramer menemukan digital audio player pada 1979. Alat yang ditemukan itu memiliki kapasitas penyimpanan lagu berdurasi 3,5 menit.

Kramer kehilangan patennya saat perusahaannya, IXI, bangkrut pada 1988. Setelah itu, ide brilian itu pun redup dan lenyap ditelan masa.

Sebelumnya, Apple meminta bantuan Kramer untuk memenangi kasus hukum dengan Burst.com. Tapi belum ada rencana untuk membagi sebagian keuntungan dari penjualan iPod itu dengan sang penemu.

“Jujur saja, saya sangat senang bahwa akhirnya sesuatu yang saya kerjakan, yang terbukti sukses besar dan membuat perubahan besar di industri musik dunia, akhirnya diakui. Saya sangat emosional terhadap hal itu,” kata Kramer.

Tapi Kramer masih berhasrat mendapat sedikit uang dari copyright gambar peranti itu.


Tidak ada komentar:
Write Comments