Selasa, 18 Desember 2007

Separuh Pengguna Internet di Korsel Dowload Film Illegal

Hampir separuh pengguna internet di Korea Selatan, salah satu negara dengan penetrasi internet terbesar, melakukan dowload film secara illegal dalam waktu hampir setiap minggu.

Dalam survei yang dikutip AFP, Selasa (18/12/2007), diperoleh gambaran 47,3 persen dari 2.358 responden pengguna internet yang berusia 15-49 tahun mengaku melakukan dowload gambar film dari situs file sharing, baik itu yang gratisan maupun membayar dengan harga tidak lebih dari 100 won atau sekira 11 sen dolar per film.Survei yang dilakukan oleh Korean Film Council ini memiliki tingkat kesalahan (margin error) plus minus 2 persen. Adapun jumlah film yang didowload mencapai 54,5 film dalam setahun atau lebih dari satu film dalam setiap minggunya.

Meski sebagian besar mengaku melakukan dowload film lewat situs di internet, setidaknya 21 persen mengaku kadang-kadang melakukan. Dari responden yang tidak melakukan dowload film di situs internet, sekira 28 persen menyatakan merasa kesulitan untuk melakukannya, sekira 18 persen takut ada serangan virus ke komputernya, dan hanya 12 persen yang menyatakan mereka tidak melakukan hal itu karena melanggar hak cipta.

Tidak ada komentar:
Write Comments