Jumat, 17 Desember 2010

Indonesia Kehilangan Satu Pulau Lagi ?


Sumenep - Pulau Se' Pote di Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur tenggelam akibat penambangan pasir liar.

Salah satu tokoh masyarakat desa Jate kecamatan Gili Genting pulau Giliraja, Amil wasit , Kamis (16/12/10) menjelaskan, pulau Se' Pote itu merupakan pulau tak berpenghuni, yang lebarnya sekitar 2 km per segi. "Pulau ini ada di sebelah barat pulau Gili Raja, berdekatan dengan pulau Gilingan," terang Amil.

Menurutnya, di Pulau Se' Pote ini, pasirnya merupakan pasir putih yang berkualitas bagus. Tak heran jika menarik perhatian orang. "Nah, sekitar dua tahunan ini, pasir di Se' Pote ini dikeruk terus. Ditambang secara liar oleh orang-orang luar Pulau Gili. Terbanyak orang Pamekasan yang ambil pasir," kata Amil.

Akibat pengerukan pasir terus menerus itu, saat ini pulau Se' Pote pun tenggelam. "Lha gimana tidak tenggelam? Wong setiap hari orang-orang itu kalau ambil pasir sekitar 6-7 perahu," ujar Amil.

Dijelaskannya, warga setempat bahkan sudah sempat terlibat baku hantam dengan warga Pamekasan saat menghalang-halangi mereka akan mengambil pasir di pulau Se' Poteh. "Tapi ya tetap saja mereka itu gak kapok-kapok. Tetap saja mengeruk pasir," keluh Amil.

Bahkan imbuh Amil, saat ini Desa Gilingan yang merupakan tetangga terdekat pulau Se' pote, mulai kena dampak pengerukan pasir tersebut. "Di desa Gilingan, mulai terjadi abrasi, sehingga terancam tenggelam," paparnya.

Amil Wasit menyayangkan, mengapa tidak ada respon dari aparat pemerintah terkait persoalan tersebut. "Ini kok pada diam semua, tidak ada tindakan apapun mulai desa sampai kabupaten?" tanya Amil.

Sementara itu, Kabid pengembangan kepulauan Bappeda Sumenep, Abd. Kahir, menyatakan jika tidak ada nama Pulau Se' Pote yang tercatat di data Kabupaten Sumenep. Yang ada hanya pulau Pasir putih. Itu pun luasnya hanya 0,046811 km persegi.

"Pulau pasir putih itu tidak berpenghuni, masuk Desa Banmaleng kecamatan Gili genting," kata Kahir.

Tidak ada komentar:
Write Comments